Me Recently ; Gue Anaknya Art, Visual and Language Banget!

Haloo…halo…saya kangen banget pingin nulis disini lagi. Gak terasa Februari lalu saya gak nulis apa-apa ya, alasan klasik  sok sibuk 😀

Ghost Writer

Saya sama yuyun -teman satu angkatan di kuliahan, jadi ghost writer. Apa itu? Jadi, akhir bulan Januari lalu, saya dapat tawaran untuk project menulis buku biografi Pembantu Rektor I Universitas Syiah Kuala, yang tak lain adalah dosen kami sendiri. Sebenarnya project menulis buku biografi ini bukan yang pertama kali. Dulu waktu saya masih jadi mahasiswa, kami juga ditawari menulis buku biografi saat beliau menjadi dekan. Nah, berhubung sekarang beliau sudah jadi PR I, otomatis semua harus di upgrade dong. Dan, biografi ini juga dibuat sebagai salah satu persyaratan mendapatkan gelar profesor. Lho ngapain di tulis lagi? Kan masih bisa pakai buku biografi saat menjadi dekan? Yah, maunya beliau juga seperti itu tapi berhubung buku pertama belum ada International Standard Book Number (ISBN)-nya, jadi harus dibuat lagi dengan status yang berbeda tentunya, sebagai seorang Pembantu Rektor I. Begitulah!

So, peran saya dan Yuyun apa? Ya, kami yang menulis berdasarkan pengalaman pribadi beliau, mencari beberapa data dengan menghubungi atau menemui langsung dosen-dosen yang ada dalam cerita beliau dan kami juga diwajibkan update perkembangan per 2 minggu sekali dalam grup Whatsapp juga bertemu langsung dengan beliau hari sabtu atau minggu di gedung rektorat. Kenapa sih bapak PR I gak nulis sendiri alkisahnya? Beliau sibuk! Gak sempat nulis. Jadilah kami di hired untuk menulis buku tersebut. Ketika buku selesai di cetak apakah dicantumkan bahwa kami penulisnya? Well, unfortunately not. That’s why we called Ghost Writer. Paling dapat ucapan terima kasih aja di kata pengantar, hehehe…

Meskipun kami orang di balik layar, kami tetap dapet fee kok. Kalo dulu harga mahasiswa sekitar 500k, kalo sekarang…hmm, lumayanlah buat beli susu dan popok anak, hahaha…

Kabar baiknya, saya sudah menyelesaikan semua tulisan dan bisa nge-blog lagi, yeayy…

VLOG

Kalo nge-vlog gak usah di ceritain lagi. Saya lagi JATUH CINTA dengan dunia baru saya, vlogging! Sensasi ketika saya mikir content apa yang akan di sajikan untuk di tonton, terus angle seperti apa yang akan saya take, edit-edit video, dll itu rasanya seruuuuuu banget! Syukur-syukur saya bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, kan dapet pahala yak. Saya bisa menghabiskan waktu paling tidak 2 sampai 3 jam untuk editing doang. Dan, karena saya selaku pemeran di dalamnya, otomatis sebelum saya bikin video, saya harus tau dulu nih, mau bikin video yang seperti apa, agar mudah penonton pahami.

Setelah sekitar beberapa bulan terakhir saya rajin bikin video, ternyata saya paham bahwa menjadi sutradara dan video editor itu gak mudah lho. Tapi dari platform Youtube juga saya belajar banyak hal. Liat-liat beberapa video filmaker dan sinematografer jadi lebih paham, ternyata editing memainkan peranan penting.

Well, untuk di awal-awal video di Youtube saya sajikan content yang ringan-ringan dulu, yang fun, yang viral dan semua orang akan cari keyword yang sama di seluruh dunia, baru ketika udah banyak yang views, saya akan pelan-pelan memasukkan beberapa opini dan life lesson, agar lebih banyak anak muda yang hidupnya diisi dengan sesuatu yang bermanfaat. Dari pada nyebar berita hoax gak jelas dan cuma bisa komentar nyinyir doang di sosmed, you can do something better to change the world. Ya, at least masukkan opini di surat kabar lokal atau nasional. Atau minimal nulis di blog, review tentang buku-buku, share video yang bermanfaat, kan gak susah ya…sekarang jaman udah canggih banget.

Walau status saya udah berubah, bukan berarti saya gak bisa berkarya. Saya punya begitu banyak hal di kepala yang ingin saya share dalam bentuk visualisasi dan gak saya pungkiri juga kendala utama adalah masalah waktu. Harusnya semakin banyak kegiatan, semakin pinter juga kita management waktu, iya gak sih?

Ya udah deh, segitu dulu…Terima kasih ya sudah mampir 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s