Me Recently ; Skincare Maniak!

Recently, saya lagi tergila-gila dengan skincare. Padahal sebelumnya saya cuma iseng-iseng aja nonton makeup tutorial di Youtube saat break kerja, bisa dibaca disini. Skincare itu penting banget! Lebih penting dari makeup itu sendiri. Prinsipnya, kalo kulit udah bagus, mau pake makeup apapun juga ‘jadi’ aja. So, belum terlambat kok memulai rutinitas yang akan menjadi tabungan jangka panjang ini.

Saya punya sedikit tips untuk memilih produk perawatan skincare. Yuk baca terus!

 

  • Kenali jenis kulit

Basicly, ada 5 jenis tipe kulit. Kulit normal, berminyak, kering, kombinasi dan sensitif. Kalau saya masuk ke kulit berminyak. Masing-masing jenis kulit ini memerlukan perawatan yang berbeda. Menurut saya masing-masing jenis kulit itu punya kekurangan dan kelebihan, hanya tinggal kitanya aja nih yang harus pinter-pinter memilih produk. Oh ya disini bisa dibaca ya cara mengetahui jenis kulit.

 

  • Kenali masalah kulit

Beruntunglah kalian yang punya kulit normal. Which is gak punya masalah dengan kulit secara signifikan, hanya tinggal menjaganya aja. Nah, untuk mengetahui masalah kulit saya sarankan untuk sering bercermin dan lebih care dengan kondisi kulit sendiri. Karena, siapa lagi yang paling tahu kondisi kulit selain kita sendiri, ya kann..

Kalau saya, punya masalah dengan pori-pori besar di pipi bagian dalam dan komedo di hidung. Ada orang yang punya masalah dengan dark spot, wajah kusam, kerutan, tanda-tanda penuaan dini, jerawat, dll. Oh ya, setiap kondisi wajah selalu berubah-ubah lho. Biasanya disebabkan karena hormon, cuaca, stres, gaya hidup, kurang istirahat, dll. Kalau saya sendiri, jerawat kecil selalu muncul di dagu ketika mendekati masa haid dan selalu stock salep jerawat.

 

  • Kenali kebutuhan kulit

Nah, kalau jenis kulit udah tau, masalah kulit juga udah tau, tinggal kita mencari produk atau perawatan apa yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Ini agak sedikit tricky sih. Karena yang namanya perawatan kulit dan tubuh itu butuh tryerror dan cocok-cocokan juga. Belum tentu yang punya jenis dan masalah kulit yang sama cocok di produk A atau B, karena setiap kulit itu unik dan beda-beda. Ya balik lagi cocok-cocokan.

Banyak yang bilang produk skincare yang bagus itu harus mahal. Kalau menurut saya, beberapa produk skincare yang bagus ada yang harganya mahal, ada juga yang affordable di kantong. Saya punya tuh, 1 produk andalan yang tersedia dimana-mana dan ramah kantong, Vi** Cosmetics. Saya pakai produk itu dari jaman SMA sampai sekarang.

 

  • Sesuaikan Budget

Jujur ya, saya belum punya budget khusus untuk beli skincare. Ada beberapa produk yang udah cocok (cocok di kulit, cocok di harga) sama saya dan akan beli terus kalau udah habis. Tapi ada juga beberapa produk yang akan saya beli nabung dulu dan beberapa produk yang masih terus saya gunakan untuk jadi pertimbangan apakah akan saya pakai terus produk ini atau saya hentikan. Masalah budget ini, personal sekali ya. Ada orang yang beli produk tertentu walau mahal sekalipun tanpa pertimbangan apapun, ada yang mau produk dengan satu nama brand saja, ada yang baca-baca review dulu, membandingkan harga produk A dengan C, kalau ternyata ada produk dengan komposisi bahan yang sama dengan produk yang diincar dengan low budget, baru berani beli. Saya sendiri masuk ke tipe ke-3, lebih senang baca-baca review dulu sebelum memutuskan untuk beli.

 

  • Wait and see

Saran saya, usahakan tidak mencoba beberapa produk sekaligus dalam satu waktu agar kita tahu produk mana yang cocok di kulit, produk mana yang menyebabkan iritasi, kemerahan, breakout, purging atau efek samping lainnya dari produk tersebut. Balik lagi dan lagi, skincare itu cocok-cocokan. Itulah kenapa saya menyarankan untuk baca-baca review dari pengguna lain.

 

Kapan sih saat yang tepat menggunakan skincare?

Saat kita udah merasa ada masalah dengan kulit. Biasanya kalau anak-anak SMP mulai punya masalah dengan jerawat puber. Jerawat puber ini sebenarnya gak perlu di khawatirkan, nanti akan hilang sendiri sih. Saran saya, kalau masih remaja, gak perlu pakai produk perawatan yang banyak dulu, cukup bersihkan muka dengan teratur, pakai moisturizer (boleh di skip) dan jangan lupa pakai sunscreen. Kalau kita yang sudah lebih mature ini, rutinitas skincare sudah wajib kali ya.

Satu hal lagi, sebelum kita memutuskan membeli suatu produk, wajib hukumnya baca-baca review produk tersebut. Googling aja, tinggal ketik produk yang ingin kita beli dan tambahkan kata ‘review’. Jangan cuma satu artikel yang kita baca, kalau perlu sampai 10 artikel. Kalau mau lebih yakin lagi, kita juga bisa kok baca komposisi bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Cara membaca komposisi bahan-bahan skincare bisa nonton disini ya. Tentang halal atau tidaknya sebuah produk, tergantung keyakinan masing-masing sih. Tapi untuk lebih yakin bisa juga baca disini.

 

*Stay healthy and fabolous everyone šŸ™‚

2 thoughts on “Me Recently ; Skincare Maniak!

  1. Nah itu kak, diah blm kenal mslh kulit sendiri.. Bisa aja tiba2 kering di sblh hidung, panas gtu sampean klo pake bedak berbecak.. Terkadang sampe yg berminyak, klo pake bedak jd yg bangun.. Skrg jdnya cuma pke cream eh mlh diblg ibu krg bgs krn gk pke bedak.. Huhuhu

    • iya diah, sebelum pake produk apapun-skincare atau makeup, termasuk bedak- kita harus kenal dulu kulit kita masuk ke tipe apa, baru setelah itu kita bisa lebih mudah milih-milih produk sesuai jenis kulit. Tentang bedak itu, bisa jadi diah pake bedak yang gak sesuai dgn jenis kulit diah atau sebelum aplikasikan bedak belum pake moisturizer untuk melembabkan. Gampang-gampang susah sih ya, hehehe…pelan-pelan aja, InsyALLAH nanti udah adaptasi sama kulit sendiri šŸ™‚

Leave a Reply

