Skincare Routine

skin-aqua

Sunscreen yang saya gunakan, Skin Aqua

Berawal dari tiap jam istirahat kerja saya selalu buka youtube dan ketik nama-nama beauty blogger dan beauty influencer karena penasaran dengan vlog mereka. Kebetulan saya juga follow Instagram mereka. Beberapa diantaranya malah saya selalu kepo-in blog mereka. Karena sering baca-baca blog mereka, saya pingin banget jadi content creator diluar kerjaan saya sekarang. Well, sebenarnya isi vlog dan blog mereka-meskipun mereka beauty blogger/influencer-gak melulu soal kosmetik dan makeup. Mereka juga banyak cerita seputar keseharian dengan keluarga, suami dan anak serta beberapa event yang mereka ikuti tiap bulannya. Seruuu banget!

Balik lagi seperti diawal saya cerita, waktu istirahat saya habiskan nonton youtube sambil, kadang-kadang makan siang. Saya mulai tertarik dengan beauty, makeup tutorial dan bahkan ‘sampah’ yang mereka posting ke youtube, hahaha…

Semua perempuan di dunia ini emang kodratnya suka dandan ya. Gak usah jauh-jauh ke makeup deh, sehari-hari kita minimal kalau keluar rumah pasti sisiran, pakai deodoran, pake bedak baby, pake lipgloss atau lip balm supaya bibir gak kering. Girls..itu juga dandan namanya! Sebenarnya cowok juga dandan lho. Tiap hari pasti pake deodoran kalo keluar rumah. Kalo gak pake deodoran dan mandi pagi, yah ..minimal sisir rambut atau pakai pomade, hehehe..

Nah, karena saya pribadi merasa sudah cukup umur untuk dandan ke tingkat selanjutnya, saya buka tuh vlog beauty blogger yang isinya lebih banyak tentang tutorial makeup. Karena hampir selalu nonton mereka, ikutin instagram mereka dan baca-baca review produk kecantikan di blog mereka, saya pun jadi tertarik untuk tau lebih banyak dan nabung untuk beli makeup sendiri. Alhamdulillah, salah satu keuntungan sudah punya pendapatan sendiri yaa..bisa lah jajan dikit-dikit, hihihi…

Kemudian saya disadarkan akan satu hal oleh mereka. Mereka para beauty influencer tersebut gak cuma jago makeup, mereka juga menjaga kulit mereka. Makeup apapun akan terlihat indah kalau kulit juga dirawat. FYI, elastisitas dan kolagen kulit akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Nah loh! Saya langsung ingat diri sendiri, 3 tahun dari sekarang saya udah kepala 3 dan saya sama sekali gak melakukan perawatan apa-apa selain cuci muka tok!

Dulu-dulu waktu buka youtube yang selalu dicari makeup tutorial, sekarang kalo buka youtube yang selalu saya ketik adalah ‘skincare’. Jadi ketar-ketir sendiri karena merasa terlambat sekali untuk peduli tau bahwa perawatan kulit itu it’s a must. Tua itu pasti tapi siapa sih yang gak mau kulit terlihat umur 25 padahal udah 40. Teringat salah satu makeup artis bilang gini,

Tuh cewek-cewek umur 25 yang suka makeup sekarang tanpa melakukan skincare teratur, umur 40-an kulitnya jadi kayak nenek-nenek

Jleb banget tuh!!

Masih kata makeup artis yang baru aja punya brand lipstick sendiri itu, dalam sebuah wawancara ditanya,

“ada saran gak sih untuk cewek-cewek yang gak suka makeup-an kalo keluar rumah?” trus dengan tegas langsung dijawab

“jangan keluar rumah tanpa sunscreen”

Nah, ini juga yang missed dari saya. Duluuuu banget sampai saya rajin nonton youtube tentang skincare, saya selalu merasa kalo sunscreen/sunblock itu hanya dipakai untuk orang-orang yang akan hiking atau terpapar matahari dengan intensitas yang  tinggi saja. Kan sering tuh, kulit bak kepiting rebus seusai hiking. Ternyatahhh sodara-sodara, manfaat sunscreen lebih dari itu. Bisa ya..googling sendiri apa itu sunscreen/sunblock dan perbedaan keduanya. Eh tapi, di setiap produk kecantikan, katakanlah bedak, foundation atau moisturizer yang dipakai sudah mengandung SPF (Sun Protecting Factor) sekian-sekian..jadi, ngapain lagi pakai sunscreen? Gak apa-apa tuh ketimpa-timpa?

Untuk diketahui sodara-sodara, ternyata kosmetik yang mengandung SPF itu tidaklah cukup. Kita harus tetap pakai sunscreen. Apalagi sinar matahari jaman dulu dan sekarang beda banget kan ya. Sekarang jam 9 pagi udah menyengat banget. Memang manfaat pemakaian sunscreen tidak akan terlihat dalam 1 atau bulan pemakaian tapi efek jangka panjang sampai 15 tahun mendatang. So, ini seperti tabungan jangka panjang, hasilnya akan kita nikmati di kemudian hari.

Setelah semua yang saya ketahui, saya langsung mengubah mindset untuk lebih merawat kulit. Setelah seharian makeup-an bedak doang, sepulang kerja saya bersihkan pakai remover, kemudian menggunakan milk cleanser, membersihkannya dengan foaming wash dan terakhir menggunakan toner untuk mengangkat sisa makeup. Baru kemudian menggunakan serum, salep jerawat (jika ada jerawat) dan menggunakan krim malam. Pagi hari masih dengan rutinitas yang sama, setelah mandi pagi, membersihkan wajah dan leher, saya menggunakan sunscreen dan baru deh makeup-an. Saya melakukan rutinitas seperti ini setiap hari selama sebulan belakangan. Meski saya bekerja dalam ruangan ber-AC, sinar matahari bahkan cahaya lampu bisa masuk kedalam celah-celah jendela dan merusak kulit. Apa efeknya setelah mengubah mindset rutinitas skincare ini? Saya merasa lebih positif. Setidaknya ada usaha yang saya lakukan sebelum penuaan dini terlambat. Apa efeknya ke kulit? Saya merasa kulit lebih sehat, menggunakan makeup apapun terlihat lebih alami dan natural.

Oh ya, saya ingin kulit lebih sehat ini bukan untuk suami ya, saya ingin untuk diri saya sendiri. Kalau suami juga ikut merasakan hasilnya, ya itu bonus. Setidaknya, ada hal positif setiap kali saya punya me-time dengan merawat kulit sendiri, toh..manfaatnya juga untuk diri sendiri 🙂

One thought on “Skincare Routine

  1. Pingback: Me Recently ; Skincare Maniak! – Rumah Selamanya

Leave a Reply

